Mungkin untuk diri sendiri, baik untuk sesama, atau terbaik untuk mengungkapkan perasaan (by: nikolaus philander/emsignehta)

Kamis, 18 November 2010

Melihat Keindahan Dalam Kehidupan

Ya, kali ini saya berbicara tentang segala keindahan di dalam kehidupan kita, mungkin dalam alam semesta kita. Keindahan itu bisa berupa suatu keindahan yang dapat dipandang oleh mata dan dapat dirasakan dengan perasaan kita. Coba lihat gambar yang satu ini :

Apa yang bisa anda dapatkan dari gambar ini?
Pasti suatu keindahan tentang perasaan hati dan keindahan dari moment kedua tupai tersebut. Selain itu indahnya bunga ungu yang diberikan oleh tupai jantan kepada tupai betina itu. Ya, ini menurut pendapat saya. Keindahan itu bisa saja kita lihat secara langsung dari gambar tersebut dimana makna keindahan dari gambar itu sendiri adalah perasaan kita sendiri yang mengartikan setelah melihat dan menemukan suatu makna yang ingin disampaikan dari gambar itu. 

Dari hal ini kita belajar bahwa sebuah keindahan bukanlah sesuatu yang hanya tampak dengan mata kita melainkan sesuatu yang kita rasakan dalam hidup ini dan makna yang terasa dari sesuatu yang tampak dengan mata kita tadi. Maka mencari keindahan itu janganlah hanya melihat dari keindahan yang tampak belaka melainkan makna yang tampak setelah kita pikirkan dan kita rasakan.

Coba lihat yang satu ini :



Apa perasaan yang kita dapat atas keindahan gunung di Swiss ini? Tenang, damai, tentram, dan yang pastinya segalanya sesuatu perasaan yang indah. Dalam kehidupan kita sesuatu yang indah merupakan kedamaian dan suatu ketentraman hidup. Coba rasakan seandainya anda ada di sana dan berdiam diri, bermeditasi, atau bermain disana, berlari-larian, makan siang di sana, pasti perasaan damai yang ada karena keindahan alam itu.

Dari semua ini kita belajar bahwa dengan adanya keindahan kita mendapat ketentraman dan kedamaian serta sesuatu yang menyenangkan jika kita maknai dari dalam hati sendiri. Suatu keindahan itu muncul dari pengertian atas sesuatu yang kita lihat dan kita memaknai hal tersebut.

Coba lihat yang satu ini :



















Ya, sebenarnya ini gambar dengan sebuah kata-kata. Ya, sebuah kata yang indah juga terkadang membuat kita sadar, membuat kita mengerti, dan tahukah anda bahwa dari kedua gambar dengan kata-kata tersebut adalah kata-kata indah dimana seseorang pasti merasakan suatu keindahan yang disampaikan dari kata-kata tersebut. Dan kata-kata cinta merupakan sesuatu keindahan dalam diri manusia dimana sesuatu keindahan ini bisa membuat seseorang berbahagia dan menjadi senang dalam dirinya.
Maka carilah segala keindahan dalam hidupmu, lihatlah, dan temukanlah makna dari keindahan tersebut maka anda akan mendapat sesuatu keindahan paling dalam terhadap diri anda sendiri.